Jelang MEA, Sudah Mumpunikah Bahasa Inggris Anda?


Menjelang akhir tahun ini, pasar bebas dalam bingkai Masyarakat Ekonomi ASEAN akan segera diberlakukan. Artinya setiap negara di wilayah Asia Tenggara bebas memasarkan produk dan jasa mereka di negara-negara peserta MEA.
Sejumlah negara Asia Tenggara lainnya sudah mempersiapkan kedatangan MEA ini selama beberapa tahun sebelumnya. Diakomodasi pemerintah negara setempat, mereka mengikuti berbagai pelatihan keterampilan untuk bisa bersaing di pasar global, di antaranya adalah keterampilan berbahasa Inggris. Bagaimana dengan masyarakat di Indonesia?
Seperti dikutip Female Kompas, menurut survey yang dilakukan Pearson Global terhadap 12 negara yang memiliki bahasa ibu bukan bahasa Inggris, di antaranya Indonesia, ditemukan beberapa fakta menarik. Sebanyak 84 persen responden mengaku pernah belajar bahasa Inggris dan 90 persen di antaranya sepakat bahwa bahasa Inggris itu penting karena perannya sebagai bahasa internasional.
Namun sayangnya, hanya 50 persen responden yang puas dengan kemampuan serta kualitas bahasa Inggrisnya yang mereka miliki. Lebih lanjut, 67 persen responden merasakan bahwa kemampuan berbicara adalah yang paling penting, diikuti dengan kemampuan mendengar, dan terakhir menulis (baca: carameningkatkan keterampilan berbicara berbahasa Inggris).
Berbagai alasan juga diungkap oleh survei Pearson Global, mengenai mengapa banyak penduduk negara dengan bahasa ibu bukan bahasa Inggris tak fasih berbahasa Inggris. Kurang waktu belajar menjadi alasan pertama. Lalu, alasan lainnya adalah kurang motivasi  dan kurang akses ke tenaga pengajar bahasa Inggris.
Jika alasan-alasan tersebut juga Anda rasakan, ini saatnya bagi Anda untuk mempelajari dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda. Pengajar bahasa Inggris saat ini tersebar di setiap sudut kota, Anda tinggal memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Kalaupun belum bisa mengakses tenaga pengajar, Anda masih bisa belajar sendiri (baca: belajar bahasa inggris secara otodidak) karena banyak sumber yang bisa dijadikan bahan pembelajaran di internet ataupun melalui berbagai media lainnya. Jadi, asah kemampuan bahasa Inggris Anda dan siapkan diri Anda untuk menghadapi pasar global MEA!






Comments