People of Different Ages

Ketika menghadiri suatu acara atau kegiatan yang melibatkan banyak orang berbagai usia, kita sering menerka-nerka usia orang-orang itu. Nah, dalam bahasa Inggris banyak ungkapan untuk menggambarkan hal itu. Berikut beberapa di antaranya.

(Cardinal numbers)-something = …sekian

Ketika kita tidak tahu pasti usia seseorang, tetapi bisa menebak bahwa usia orang itu sekitar 20, 30, 40, dsb, kita bisa menggunakan frasa ini. Misalnya thirty-something, artinya tiga puluh sekian, atau usia orang itu bisa 31, 32, 33, 34, dst.

Mid-, early-, late- = pertengahan, awal, akhir

Ketiga imbuhan ini lebih spesifik lagi mengungkapkan usia seseorang. Mid- berarti pertengahan, misalnya mid-fifties berarti pertengahan limapuluhan. Artinya, usia orang itu antara 54-56. Early-fifties berarti awal limapuluhan, atau antara 51-53 tahun. Nah, kalau late-fifties berarti usianya antara 57-59. Dan begitu seterusnya.

-ish = sekitar

Imbuhan -ish ini sama seperti early- yang mengungkapkan perkiraan usia seseorang sekitar awal angka usia tersebut. Misalnya thirty-ish berarti sekitar 30 tahun. Bisa 31,32, atau 33 tahun. sama seperti early-thirties. Namun, imbuhan –ish ini lebih umum dan tidak hanya dipakai untuk mengungkapkan perkiraan usia, tetapi juga menggambarkan kondisi. Misalnya I’m hungry-ish, artinya, saya lapar, tapi tidak lapar-lapar amat. Atau it is coldish outside (udara di luar dingin, tapi tidak begitu dingin sih).

Senior = orang tua, senior

Kata senior biasanya digunakan untuk menggambarkan usia orang yang sudah pensiun dari pekerjaannya. Ya, sekitar 55 tahun ke atas.

Toddler and infant = bayi

Toddler dan infant sama-sama berarti bayi. Tapi secara spesifik, toddler mengacu pada bayi yang sudah mulai bisa berjalan atau sedang belajar untuk berjalan, sedangkan infant yaitu bayi yang belum bisa berjalan, tetapi masih merangkak. Nah, secara umum, toddler dan infant disebut baby atau beibeh :D

Spry = bersemangat

Kata ini biasanya digunakan untuk menggambarkan sifat orang yang sudah berusia lanjut, tetapi masih terlihat bersemangat dan bergairah. Dalam kalimat misalnya, She is senior but seems to spry (dia sudah berusia lanjut, tetapi masih tampak bersemangat).

Middle-aged = paruh baya

Frasa itu mengacu pada orang tua yang masih produktif atau belum pensiun. Bisa diartikan sebagai paruh baya, atau berada pada rentang usia 50-60 tahun.

Teenager = remaja

Kata ini mengacu pada remaja, atau berada pada rentang usia 13-19 tahun.

Tween =  ABG, remaja

Kata ini secara spesifik mengacu pada anak-anak usia 9-12 tahun. Kata ini muncul dalam percakapan sehari-hari untuk membedakan anak-anak yang sudah bukan lagi anak kecil tetapi juga belum beranjak remaja.

Young adult = dewasa

Frasa ini digunakan untuk menggambarkan seseorang pada rentang usia 18-30 tahun. Mungkin juga sampai 35 tahun.

Wah banyak sekali ya ungkapan-ungkapan untuk memperkirakan usia seseorang. Pusing? Minum obat dan terus berlatih :D. Tetap semangat!!

Comments

Post a Comment