10 Kesalahan Umum dalam Pengucapan Bahasa Inggris


Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas mengenai kesalahan umum pemakaian bahasa Inggris oleh orang Indonesia. Kali ini, artikel ini akan membahas mengenai kesalahan umum dalam pengucapan bahasa Inggris.

Sejumlah kesalahan umum ini memang tampak sepele, sebab kita orang Indonesia pun masih bisa memahaminya sesuai dengan konteks kalimat. Namun, kesalahan pengucapan ini sebenarnya bisa menimbulkan arti yang berbeda dalam penggunaan bahasa Inggris sebenarnya.


Inilah 10 kesalahan umum pengucapan bahasa Inggris yang sering kita dengar sehari-hari.

1.       Reply


Kata ini sering dijumpai seiring dengan pesatnya penggunaan gadget. Reply berarti membalas pesan. Namun, pengucapannya sering kali terdengar “ripley”, yang berarti memainkan ulang (replay). Padahal pengucapan yang benar adalah “riplai”.

2.       Event


Kata yang berarti kegiatan ini sering kali diucapkan “iven” dengan bunyi “e” seperti pada kata “bersih”. Padahal, pengucapan yang benar adalah “iven” dengan bunyi “e” seperti pada kata “meja”. Sementara “iven” dengan bunyi “e” seperti kata “bersih” berarti bahkan atau seimbang (even).

3.       Target


Pengucapan kata ini sama seperti pengucapan dalam bahasa indonesia. Namun, orang kerap mengucapkan kata tersebut menjadi “tarjet”, yang pengucapannya tentu tidak benar.

4.       Legging


Kata “legging” yang merupakan model celana ketat untuk perempuan ini sering kali dicuapkan menjadi “lejing”. Padahal, pengucapan huruf “g” tidak berubah, sehingga pengucapan yang benar adalah “legging”. Legging ini berasal dari kata “leg” yang berarti kaki dengan imbuhan “-ing”.


5.       Sweater


“Sweater” yang merupakan model baju hangat ini sering terdengar diucapkan menjadi “switer”. Padahal sebenarnya pengucapan yang benar adalah “sweter”, dengan bunyi “e” pertama seperti pada kata “meja” dan “e” kedua seperti pada kata “bersih”. Sementara pengucapan “switer” berarti pemanis (sweeter).

6.       Hoax


Hoax yang berarti berita bohong ini sering kali diucapkan apa adanya, yakni “hoax”. Padahal pengucapan yang benar adalah dengan tidak membunyikan huruf “a”, sehingga menjadi “hox”.

7.       Meme


“Meme” atau gambar orang dengan tulisan di dalamnya juga sering diucapkan apa adanya menjadi “meme”. Padahal, pengucapan yang benar adalah dengan tidak membunyikan huruf “e” yang terakhir, sementara “e” yang pertama bunyinya menjadi “i”, sehingga menjadi “mim”, seperti salah satu huruf hijaiyah.

8.       Wifi


Wifi yang merupakan kependekan dari wireless fidelity atau sambungan internet tanpa kabel ini sering diucapkan apa adanya, yakni “wifi” atau bahkan “waifi”. Padahal, pengucapan yang benar adalah “waifai”.

9.       Mild


Mild atau jenis rokok ringan yang biasanya berwarna putih ini juga sering kali diucapkan “mil”. Padahal pengucapan yang benar adalah “mail”

10.   Negotiation


Dalam bahasa Indonesia, kata tersebut diadaptasi menjadi kata NEGOSIASI. Namun, banyak yang salah mengucapkannya sehingga menjadi NEGOISASI.

Itulah 10 kesalahan umum dalam pelafalan bahasa Inggris yang sering kita dengar sehari-hari. Dengan artikel ini, semoga kesalahan-kesalahan itu bisa dihindari.


Comments