8 Hal yang Membuat Anda Susah Belajar Bahasa Inggris




Mempelajari bahasa Inggris saat ini sangatlah mudah. Berbagai sumber sudah banyak tersedia baik di internet, buku, ataupun CD/DVD dan aplikasi Android. Dengan memanfaatkan sumber-sumber tersebut, sebenarnya kita dengan mudah bisa mempelajari dan memahami bahasa Inggris.

Namun, mungkin saja banyak di antara Anda yang tetap merasa susah dan kesulitan mempelajari bahasa Inggris. Padahal, Anda sudah banyak mengoleksi berbagai sumber pelajaran bahasa Inggris, mulai dari buku-buku, kamus, CD/DVD, aplikasi Android, dan berbagai situs di internet.  Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, “Kok saya tidak bisa-bisa ya Bahasa Inggris?”  


Jika demikian, Anda tidak sendiri. Sebab, banyak orang yang seperti Anda. Sudah memiliki banyak sumber pelajaran bahasa Inggris, tetapi masih bingung dengan cara menggunakan present tense, past tense, ataupun present continuous tense. Sudah punya kamus lengkap, tetapi masih bingung membedakan kata kerja, kata benda, dan kata keterangan. Sudah punya koleksi contoh pidato dan percakapan bahasa Inggris, tetapi tidak tahu bagaimana bertanya kepada petugas di bandara. Dan lain sebagainya.

Kondisi itu menunjukkan bahwa banyaknya sumber atau materi bahasa Inggris yang Anda miliki tidak menjamin Anda bisa menguasai bahasa Inggris. Kenapa? Berikut ini alasan-alasan umum yang bisa Anda perhatikan.

1. Kurang motivasi


Motivasi sangat penting untuk memulai, melakukan, dan memelihara sesuatu. Jika kurang atau tidak ada motivasi, Anda tidak bisa melakukan sesuatu secara kontinyu hingga tuntas atau mencapai target yang diinginkan.

Demikian juga dengan belajar bahasa Inggris. Tanyakan pada diri Anda, apa motivasi Anda mempelajari bahasa Inggris? Apakah sekadar untuk menjawab soal UN? Sekadar untuk melamar pekerjaan? Untuk menjawab soal TOEFL? Atau sekadar iseng? Wahh... kalau iseng sih namanya tidak ada motivasi :D 

Motivasi sebenarnya bisa beragam. Misalnya, belajar bahasa Inggris untuk mencari pekerjaan, mencari uang, memperluas jaringan kerja dan pertemanan, mendapatkan beasiswa, mendapatkan sertifikat tertentu, atau yang lainnya. Yang jelas, motivasi ini membuat Anda merasa bersemangat untuk terus belajar bahasa Inggris sampai target Anda tercapai.

2. Tidak merasa penting


Selain tidak ada motivasi, alasan lain yang membuat Anda susah belajar bahasa Inggris adalah tidak merasa penting dengan bahasa Inggris itu sendiri. Indikasinya, Anda hanya mempelajari atau menggunakan bahasa Inggris ketika ada orang atau sesuatu yang mengingatkan Anda. 

Misalnya, ketika tiba-tiba pada suatu kesempatan Anda bertemu dengan bule. Anda sebenarnya ingin menyapa bule itu, tetapi Anda tidak bisa. Lalu, Anda kembali mempelajari buku-buku bahasa Inggris agar bisa berbincang dengan bule jika sewaktu-waktu bertemu kembali. Lantas setelah berapa lama, Anda tidak bertemu lagi dengan bule. Anda pun lupa dengan pelajaran bahasa Inggris Anda. Ini bisa diartikan bahwa Anda belum merasa bahasa Inggris itu penting.

Ketika Anda sudah merasa bahasa Inggris itu penting, Anda dengan sendirinya akan mencari tahu apa saja yang Anda butuhkan untuk mempelajarinya. Hal ini akan membuat Anda fokus langkah demi langkah untuk mempelajari dan menguasai bahasa Inggris.

3. Pesimis


Sering sekali orang merasa bahasa Inggris itu susah alias pesimistis untuk bisa bahasa Inggris. Pikiran seperti ini sudah pasti menghambat Anda untuk bisa bahasa Inggris. Akibatnya, Anda tidak bersemangat untuk belajar bahasa Inggris. Soalnya, setiap kali belajar seperti tidak ada yang masuk alias susah ingat gampang lupa.

Agar tidak pesimistis, mau tidak mau Anda harus optimistis. Artinya, Anda harus yakin bahwa Anda mampu dan bisa menguasai bahasa Inggris seperti orang-orang lainnya. Yang Anda butuhkan hanyalah berlatih dan terus berlatih. Dalam sirkus saja, jika dilatih dengan baik, seekor gajah bisa bermain bola, seekor lumba-lumba bisa berhitung. Masak Anda tidak bisa bahasa Inggris :D

4. Merasa terlambat


Jika Anda merasa sudah tua untuk belajar bahasa Inggris, selamanya Anda tidak akan pernah bisa bahasa Inggris. Kenapa? Karena Anda tidak akan belajar.

Buanglah jauh-jauh pikiran merasa terlambat. Sebab, tidak ada kata terlambat dalam belajar. Selama Anda masih bisa berpikir, Anda pun masih bisa belajar, termasuk belajar bahasa Inggris.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah mengatakan, “Tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat.” Ini menunjukkan bahwa proses belajar tidak berhenti sejak kita lahir sampai tutup usia nanti.  

5. Tidak meluangkan waktu


Mempelajari bahasa Inggris, seperti mempelajari ilmu-ilmu lainnya ataupun berlatih menguasai suatu keterampilan tentu saja membutuhkan waktu. Ingat, kita harus MELUANGKAN waktu untuk belajar bahasa Inggris, bukan menggunakan WAKTU LUANG untuk belajar bahasa Inggris.

Jika Anda hanya mempelajari bahasa Inggris di sela-sela kesibukan kerja, sekolah, ataupun kuliah, tentu saja Anda bisa memahami kenapa sulit sekali belajar bahasa Inggris. Apa yang Anda dapatkan tentu saja sebanding dengan apa yang Anda kerjakan. Jadi, luangkanlah waktu, jangan hanya gunakan waktu luang!

6. Hanya belajar tanpa praktik


Seperti yang sudah dibahas pada artikel-artikel sebelumnya, mempelajari bahasa adalah suatu keterampilan. Butuh proses dan latihan untuk bisa menguasainya. Jika Anda hanya mempelajari materi-materi tanpa menggunakannya, tentu saja Anda akan kesulitan menggunakan bahasa Inggris.

Lebih baik sedikit materi tetapi banyak dipraktikkan setiap hari daripada banyak materi tanpa dipraktikkan. Berlatih setiap hari untuk satu materi saja akan semakin meningkatkan pemahaman dan penguasaan Anda terhadap bahasa Inggris.

7. Tidak fokus


Kemudahan mengakses informasi di era digital saat ini ternyata tidak selalu membuat Anda pintar. Sebaliknya, hal itu justru membuat Anda semakin lemot alias lemah otak. Kenapa? Karena Anda bergantung pada laptop, smartphone, atau gadget dengan koneksi internet di dalamnya. Anda merasa pintar karena bisa bertanya pada Om Google kapan saja melalui gadget Anda. Namun, ketika Anda tidak membawa gadget, Anda tidak tahu apa-apa. 

Begitu juga dengan belajar bahasa Inggris. Anda memang mudah mendapatkan materi-materi yang sangat berlimpah di internet, buku, CD/DVD, dan beragam aplikasi. Namun bukannya membuat Anda pintar, itu justru membuat Anda semakin bingung. Kenapa? Karena Anda tidak fokus!

Dengan demikian, fokus mempelajari materi step by step sangat penting agar Anda bisa menentukan target pencapaian Anda. Fokuslah pada satu atau beberapa materi sebelum meloncat ke materi berikutnya. Perkuat dengan menjawab soal-soal dan latihan. Jika Anda ingin mempelajari materi baru, pastikan bahwa Anda sudah memahami materi sebelumnya.

8. Minder, tidak Pede


Penyakit ini sering melanda mereka yang kemampuan bahasa Inggrisnya sedikit atau pas-pasan. Minder alias tidak Pede. Sering sekali orang berbicara atau menulis status, “Ah, bahasa Inggris saya jelek,” atau “Ah bahasa Inggris saya enggak bagus,” atau “Aduh bahasa Inggris saya pas-pasan.”

Tahukah Anda, bahwa ungkapan-ungkapan seperti itu justru membuat Anda semakin sulit belajar bahasa Inggris. Padahal, Anda tidak perlu malu atau minder jika melakukan kesalahan dalam berbahasa Inggris. Sebab, bahasa Inggris adalah bahasa asing, bukan bahasa ibu kita. Jadi, wajar saja kalau kita salah berbicara atau menulis bahasa Inggris. Yang seharusnya Anda minder adalah jika Anda salah atau tidak berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Sebab, bahasa Indonesia adalah bahasa kita.

OK guys, itulah beberapa alasan yang menyebabkan Anda susah dalam belajar bahasa Inggris. Apakah Anda termasuk di dalamnya?



Comments