5 Hal Yang Harus Dipahami Pemula Dalam Belajar Bahasa Inggris




Beberapa waktu lalu saya pergi ke toko buku dan sempat melihat-lihat buku-buku tentang bahasa Inggris di rak berlabel Bahasa. Ternyata, memang banyak sekali buku-buku yang menawarkan berbagai metode dan konsep dalam belajar bahasa Inggris. Lucunya, beberapa di antaranya berjudul sangat bombastis, seperti Mahir Berbahasa Inggris dalam Sehari, Dua Hari, Tiga Hari, bla bla bla..

Mungkin saja, judul buku itu merupakan strategi pemasaran untuk menarik konsumen. Namun, tahukah Anda, mempelajari bahasa asing tidak bisa instan, tetapi butuh proses. Selama proses tersebut, ada waktu, tenaga, dan pikiran yang harus diluangkan. Tidak bisa hanya sehari, dua hari, langsung cas cis cus lancar berbahasa Inggris seperti judul-judul buku tersebut.


Belajar bahasa Inggris membutuhkan latihan yang dilakukan terus menerus secara konsisten. Tentu saja, karena bahasa adalah suatu keterampilan. Dan untuk menguasai suatu keterampilan, tentu kita harus banyak berlatih.

Banyak sekali tips yang tersebar di dalam buku-buku, internet, ataupun media lainnya tentang belajar bahasa Inggris. Namun setidaknya, bagi para pemula, sebaiknya memahami lima hal mendasar berikut ini untuk memudahkan Anda mempelajari bahasa Inggris.

1.    Grammar


Grammar memang banyak ditakuti mereka yang belajar bahasa Inggris. Bahkan, penutur asli bahasa Inggris juga banyak yang tidak paham grammar. Banyaknya aturan atau tata bahasa membuat pusing tujuh keliling. Akibatnya, kita sering berputar pada pembahasan itu-itu saja.

Grammar memang bukan poin utama dalam bahasa percakapan. Soalnya, dalam bahasa lisan, antara pembicara dan pendengar akan saling berusaha mengerti topik pembicaraan. Dengan demikian, kesalahpahaman antara keduanya bisa dihindari dengan adanya saling klarifikasi.

Namun, beda halnya dengan bahasa tulisan. Grammar mutlak diperlukan. Sebab jika sebuah tulisan tidak berdasarkan grammar, pembaca akan kebingungan, sementara mereka tidak punya akses langsung kepada penulis tulisan tersebut. Akibatnya, salah penafsiran sangat mungkin terjadi.

 Jika mengetahui kuncinya, grammar bukanlah hal yang menakutkan. Kita pun bisa mempelajarinya dengan mudah. Baca artikel Grammar Itu Mudah.

2.     Part of Speech


Sebuah tulisan adalah gabungan dari paragraf. Paragraf adalah kumpulan dari kalimat. Kalimat adalah kumpulan dari kata. Oleh sebab itu, mengetahui jenis kata sangat penting dalam belajar bahasa Inggris. Baca artikel 8 Jenis Kata Bahasa Inggris Dalam 1 Kalimat.

3.     Struktur Kalimat


Layaknya sebuah bangunan, kalimat dibuat berdasarkan strukur tertentu. Setiap struktur tersebut saling mendukung dan membuat kalimat menjadi utuh.

Dalam bahasa Inggris, struktur kalimat secara berurutan yaitu subject, verb, dan object (SVO). Sama halnya dengan bahasa Indonesia dengan struktur SPO. Baca artikel 5 Struktur Dasar Kalimat Bahasa Inggris.

4.    To be


To be berperan sebagai kata kerja bantu dalam kalimat yang memiliki predikat bukan kata kerja. To be berubah-ubah bergantung pada subject dan jenis tense yang digunakan. Berbagai hal tentang to be, bisa Anda baca pada artikel Penggunaan To be Dalam Bahasa Inggris.

5.   Tenses


Selain grammar, biasanya tenses juga materi yang sangat ditakuti para siswa yang belajar bahasa Inggris. Banyaknya rumus tenses membuat mereka bingung ketika menggunakannya dalam kalimat. Padahal pada dasaranya, kita cukup memahami 5 tenses dasar untuk bisa memahami tenses yang lainnya. Baca artikel 5 Tenses Dasar Dalam Bahasa Inggris.








Comments

  1. terimakasih infonya sangat bermanfaat,jangan lupa kunjungi balik website kami http://bit.ly/2wFUPf3

    ReplyDelete

Post a Comment