5 Cara Lainnya Untuk Meningkatkan Vocabulary




Penguasaan Anda terhadap suatu bahasa salah satunya bisa diukur dari seberapa banyak vocabulary yang Anda kuasai. Berbeda dengan grammar yang bersifat statis, vocabulary cenderung dinamis, sehingga jumlahnya terus bertambah seiring dengan perkembangan zaman.

Jauh sebelum internet berkembang pesat, kita tidak mengenal kata Google, viral, blog, tweet, domain, hosting, dan lain sebagainya. Namun saat ini, kata-kata tersebut ternyata sudah ada di dalam kamus bahasa Inggris dan menjadi vocabulary baru.

Untuk menambah perbendaharaan kata, Anda bisa membaca artikel sebelumnya tentang cara memperbanyak kosa kata. Berikut ini beberapa tips lainnya yang bisa Anda coba lakukan:


1.  Pahami konteks


Ketika membaca artikel berbahasa Inggris, cobalah pahami konteks kalimatnya jika menemukan kata baru. Cobalah tebak maksud kata tersebut dengan melihat kata sebelum dan sesudahnya.

Perhatikan contoh kalimat ini:

While planning the party, Susan was prudent with the guest list, acting with great caution and care not to invite anyone with whom she wouldn't want to jump around in a bounce house.

Dapatkah Anda menebak arti kata prudent?

Sebenarnya, artinya sudah ada dalam kalimat tersebut. Perhatikan kata setelahnya, yakni acting with great caution and care. Jadi, prudent berarti bertindak sangat hati-hati.

Contoh lainnya:

Andi procrastinated to avoid his homework all day, watching TV, playing video games and even writing thank you cards to his grandparents

Sudah bisa menebak arti kata procrastinate?

Dalam kalimat itu, memang tidak ditemukan definisi kata tersebut. Namun, kita bisa tahu 
makna procrastinate dari contoh yang ada dalam kalimat tersebut, yakni watching TV, playing video games, dan seterusnya. Dari contoh-contoh itu, kita bisa mengetahui bahwa procrastinate berarti menunda-nunda.

2.  Mencari jenis kata dan imbuhan


Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui banyak kata dari satu sumber kata saja. Untuk itu, Anda harus mengetahui jenis-jenis kata terlebih dahulu. Hal ini bisa Anda baca pada artikel sebelumnya tentang 8 jenis kata dalam bahasa Inggris.

Misalnya Anda tahu kata “beautiful” (cantik) yang merupakan kata sifat. Dari kata ini, Anda bisa mendapatkan kata kerjanya, yaitu beautify (mempercantik), kata bendanya, yaitu beauty (kecantikan), dan kata keterangannya, yakni beautifully (dengan cantik). Nah, dari satu kata saja, Anda sudah mendapatkan 3 kata lainnya. Kosa kata Anda semakin bertambah bukan?

3.  Mencari sinonim dan antonim


Sinonim adalah kata yang bermakna sama. Antonim adalah kata yang berlawanan makna.

Contoh sinonim dari beautiful misalnya, adalah pretty, handsome, good-looking, lovely, dan alluring. Sementara contoh anonim dari beautiful adalah ugly, awkward, horrible, bad, dan inelegant.

Untuk mencari sinonim dan antonim dari suatu kata, caranya gampang sekali. Anda tinggal masuk ke situs thesaurus.com lalu ketik kata tersebut di kolom search, lalu akan muncul sinonim dan antonim dari kata tersebut. Ini adalah screenshoot dari thesaurus.com.

  



 

4.  Buat daftar kata


Membuat daftar kata dibutuhkan untuk mengetahui dan meninjau kembali vocabulary yang sudah Anda pelajari. Sebaiknya, Anda punya buku khusus untuk daftar kata ini.

Buku tersebut bukan hanya untuk menuliskan kata-kata yang sudah Anda ketahui maknanya, tetapi juga yang belum Anda ketahui maknanya, bisa Anda tuliskan. Dengan membuat catatan, vocabulary baru akan semakin menempel di kepala Anda.

5.  Gunakan sesering mungkin


Mempelajari vocabulary baru setiap hari tidak ada artinya jika tidak sering digunakan. Sebab, lama kelamaan, kata-kata tersebut akan hilang begitu saja.

Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan vocabulary yang telah Anda pelajari sesering mungkin. Bisa dengan cara menuliskannya kembali dalam kalimat, atau mengucapkannya dengan lantang.












Comments