Cara Memperbanyak Vocab Bahasa Inggris


Setelah mengetahui jenis-jenis kata (parts of speech), langkah selanjutnya untuk mempelajari bahasa Inggris adalah dengan menambah perbendaharaan kata (vocabularies). Untuk memperbanyak vocab, Anda tidak perlu menghapal kamus. Cukup lihat sekeliling Anda dan cari tahu bahasa Inggrisnya di kamus.

Berikut ini tips menghapal vocabularies yang efektif:

1. Noun (kata benda)

Untuk menghapalkan kata benda, lihatlah sekeliling Anda. Apa saja benda-benda yang Anda lihat dan biasa Anda temui sehari-hari di rumah, sekolah, kantor, jalan, tempat umum, dan lainnya. Menghapalkan benda-benda secara nyata tentu lebih baik ketimbang menghapal benda-benda dalam pikiran sendiri, bukan?



Ketika Anda di rumah misalnya, Anda akan menemui banyak sekali benda. Misalnya, kursi (chair), meja (table), lantai (floor), langit-langit (ceiling), kaca (glass), lampu (lamp), kipas angin (fan), telvisi (television), dan masih banyak lagi.


Buatlah daftar benda-benda yang Anda lihat itu berikut bahasa Inggrisnya. Lebih baik menggunakan kategori. Misalnya benda-benda di rumah dengan subkategori di ruang tamu, kamar,kamar mandi, ruang makan, dapur, halaman, dll. Dari sini saja, Anda sudah menambah banyak sekali vocab kata benda. Lanjutkan dengan benda-benda di sekolah, kantor, dan di mana pun.




2. Verb (kata kerja)

Untuk memperbanyak vocab kata kerja, Anda bisa menuliskan daftar aktivitas anda sehari-hari di rumah, sekolah, kantor, atau di mana pun. Apa pun yang Anda kerjakan, orang lain juga banyak yang mengerjakannya. Maka, tulislah daftar aktivitas sekecil apa pun lalu cari bahasa Inggrisnya.



Apa yang Anda lakukan saat ini? Membaca (read), mengetik (type), melihat (see), bernapas (breathe), duduk (sit), berdiri (stand), tidur (sleep), dan masih banyak lagi aktivitas yang bisa Anda buat daftarnya.




3. Adjective (kata sifat)

Tidak sulit menghapalkan adjective ini. Anda tulis saja sifat Anda sendiri ataupun orang-orang di sekeliling Anda. Bisa teman, saudara, kenalan, rekan kerja, atau siapa pun itu. Tentu mereka punya sifat dan karakter masing-masing bukan? Sebut saja misalnya periang (cheerful), bawel (talkative), pendiam (silent), sombong (arrogant), baik hati (kind), dan masih banyak lagi.

Yang perlu diperhatikan, kata sifat adalah kata yang bisa dibubuhi kata “lebih” atau “paling”. Misalnya, ganteng (handsome) adalah kata sifat karena bisa menjadi lebih ganteng (more handsome) atau paling ganteng (most handsome). Apakah pergi merupakan kata sifat? Tentu saja bukan. Soalnya, tidak ada kata “lebih pergi” atau “paling pergi”.  Mudah bukan?

4. Adverb (kata keterangan)

Menambah perbendaharaan kata keterangan (adverb) juga mudah sekali. Anda tinggal bikin daftar tempat yang biasa Anda tempati, tinggal, atau kunjungi. Bisa tempat-tempat di sekitar Anda ataupun tempat lain yang jauh dari Anda.

Anda sekarang ada di mana? Rumah (home), sekolah (school), kantor (office), pasar (market), toko (shop), kafe (cafe)? Atau di pantai (beach), bandara (airport), pegunungan (mountain), dapur (kitchen), kamar mandi (bathroom)? Banyak sekali tempat yang Anda ketahui bukan?

Nah, sampai di sini Anda sudah mengetahui tips memperbanyak perbendaharaan kata. Buatlah daftar kata sebanyak-banyaknya untuk dihapal dan digunakan. Bagaimana agar vocab yang sudah Anda pelajari tidak mudah hilang dari hapalan Anda? Nantikan tips selanjutnya. Semoga bermanfaat!



Comments

  1. Thank you so much, thats make me new brain. Thanks Mr.acep.

    ReplyDelete
  2. Mr acep, bisa tolong dijelaskan, perbedaan antara Sleep, slept, sleepy?

    ReplyDelete
  3. You're welcome mr andry. Sleep itu verb 1, sedangkan slept verb 2. Artinya sama, yaitu tidur. Nah, kalau sleepy itu kata sifat (adjective).

    Contoh penggunaannya seperti ini:

    I sleep at 10 p.m every night. (Saya tidur pukul 10 setiap malam)

    He slept at 11 last night. (Dia tidur pukul 11 semalam)

    She is sleepy every time she attends the class. (Dia ngantuk setiap kali menghadiri kelas itu).

    ReplyDelete

Post a Comment